Penginapan di Hong Kong : Homy Inn Tsim Sha Tsui

01.12

Jadi selama liburan 5 hari 4 malam di HK kemarin (Maret 2016) saya mau me-review tempat menginap saya yang zuupeeer kecil dan mini. Tapi secara keseluruhan cukup nyaman untuk sekedar tidur dan mandi. Lagi pula kami akan menghabiskan banyak waktu di luar hotel dan pas banget perginya cuma berdua sahabat saya Manda. Kalo travelling bersama anak saya yang berusia 3thn, mungkin saya harus rela merogoh tabungan buat nginap di hotel berbintang. Untungnya pilihan untuk low budget hostel di HK banyaaaaaak banget. Pastinya sih harus jeli dan teliti, juga banyak tanya dan cari info detail tentang neigborhood di sekitar penginapan.

Nama hostel tempat saya menginap adalah Homy Inn Tsim Sha Tsui. Sebenarnya ada 3 pilihan low budget hostel lainnya. Tapi akhirnya kita putuskan booking disini karena lokasinya paling dekat sama stasiun MTR East Tsim Sha Tsui, diperlukan access card untuk masuk ke hostel, jadi lebih aman dan baca reviewnya di berbagai platform hotel online oke.

Kita bahas dulu nilai Plus-nya ya:

Lobby hostel, terang dan bersih. Ini bukan lobby gedung yaaa. Biasanya hostel yang ada di HK berada di suatu gedung gitu. Nah hostel kita kemarin berada di lantai 6 gedung Union Mansion, yang mana dari luar memang tampak kuno. Pas masuk ke dalam gedungnya, nah lebih scary lagi hehehe seperti gedung gak terawat. Tapi begitu naik ke lantai 6 yaitu lokasi hostel kita, alhamdulilah lobbynya bersih, lantai dan tembok catnya masih baru. Untuk masuk kedalam Homy Inn pun diperlukan access card. Di lobby disediakan dispenser air hangat dan biasa. Ada gelas juga yang bisa digunakan. Disini juga disediakan wifi. Untuk wifinya sendiri kenceng, walopun kita paling pake cuma sebentar pas malem dan pagi sebelum berangkat buat cek cuaca.

Mudah mencari sarapan praktis. Karena lokasi hostel kita dekat sama seven eleven jadilah hampir tiap pagi kita berburu sarapan disini. Makannya sambil berdiri diluar sevel tapi yaaa, soalnya gak kayak sevel di Jakarta yang “mewah” banyak kursi dan meja. Disini abis beli teh sama ramen ya monggo makan ditempat lain. Ohya di hari-hari terakhir kita baru nyadar ternyata disebelahnya sevel ada supermarket Wellcome yang jual makanan siap saji juga , walaupun pilihannya dikit tapi lumayan buat variasi. Kalo stay agak lama di HK dan pengen sarapan santai mungkin bisa juga breakfast di Killiney Kopitiam yang posisinya sekitar 100 meter dari Union Mansion ini.

Daily housekeeping. Walaupun hostel kecil, tapi urusan kebersihan ternyata mereka cukup aware, kamar kita selalu dibersihkan setiap hari tanpa harus diminta atau diingatkan. Di Homy Inn juga boleh nitip koper gratis waktu check-out. Karena waktu itu kita masih mau jalan-jalan keliling Nathan Road sambil nunggu penerbangan malam, jadi setelah check-out kita nitip koper dulu disana dan ternyata ada banyak banget koper yang sedang dititipin.

Deket banget sama stasiun MTR. Keliling HK paling enak naik MTR dan bus. Nah kebetulan di depan hostel kita persis ada halte bus. Udah gitu mau ke stasiun MTR East Tsim Sha Tsui deket banget! Cuma jalan kaki sekitar 5 menit ke seven eleven nanti persis didepannya ada lift. Lalu turun ke ground pake lift itu, udah nyampe deh di dalem stasiun. Efisien banget , gak ngabisin waktu.

Sekarang Nilai Minus-nya

Kamar sangat amat kecil. Layaknya hostel sudah pasti keterbatasan ruangan menjadi nilai minus. Jujur, karena ini pertama kalinya saya menginap di hostel, saya kaget begitu melihat kondisi kamar tak berjendela yang luasnya cuma sekitar 7 meter persegi dengan kamar mandi didalam. Itu juga yang bikin saya gak sempet foto kamarnya (bingung eeuy nyari anglenya saking sempitnya) Tapi setelah melewati malam pertama bisa tidur nyenyak dan mandi air hangat. Mulai enjoy aja ☺

Ada beberapa catatan jika ingin menginap di hotel ini

1. Kamar Standart Twin disini pas pasan banget untuk tipe orang seperti saya. Tinggi saya dan teman saya hanya sekitar 165cm dengan berat badan 47-50 kg, saya rasa jika memiliki tinggi dan berat badan lebih dari kami kayaknya kurang nyaman untuk tidur di kamar tipe ini. Walaupun kasur dan bantalnya empuk tapi kepala/kaki pasti harus ditekuk.

2. Di kamar memang disediakan tv tapi chanelnya gak ada HBO , FOX apalagi Star World. Kali aja ada yang hobby banget nonton tv jangan berharap banyak , kalo kami sih nyetel tv cuma biar gak sepi aja sebelum tidur.

3. Koper jangan bawa yang terlalu besar. Saya bawa koper ukuran 19 inch dan Manda koper ukuran besar (28 inch). Kalo mau mengambil sesuatu dari koper harus bergantian buka kopernya, karena yaaa itu tadi kamarnya sempiiit banget. Atau kalo kalo memang harus bawa koper gede (karena mau shopping menggila) pesen tipe kamar yang lebih luas kali ya.

Ada hal yang mengejutkan juga waktu check-in. Jadi alamat Homy Inn yang tertera di booking confirmation adalah di lantai 8, Flat C Chatham Road. Begitu nyampe di Flat C kita disambut ramah oleh respsionist lalu dikasih kunci dan diberi tahu bahwa kita harus keluar gedung karena dapet kamar di gedung yang berbeda yaitu di Union Maison. Jadilah sambil geret-geret koper kita balik lagi nyebrang dikit ke Blok sebelah trus nyari gedung Union Mansion yang berjarak sekitar 70 meter dari Flat C. Itu aja sih kekuranganya. Selebihnya Alhamdulilah nyaman dan barang yang ditinggal aman, walaupun setiap hari ada staff cleaning service yang masuk untuk membersihkan.

Jadi buat yang mau travelling ke HK tapi pengen menghemat (lumayan bisa buat belanja) dan cari low budget hostel, menurut saya Homy Inn cukup mengakomodir dan paling penting neigborhoodnya aman. Mudah-mudahan reviewnya berguna bagi traveller yang sedang mencari penginapan low budget di Hong Kong. Selamat menelusuri Hong Kong!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts